Main Article Content

Abstract

The level of understanding of accounting is very important because it can know the knowledge that has been obtained during lectures to equip it to become an accountant so that it can carry out the role of the accounting profession in the business world. This study aims to determine the effect of emotional intelligence, learning behavior, and interest in learning on the level of understanding of accounting in students. Data collected in research throught online questionnaires. Sampling used a purposive sampling technique with the criteria of accounting students in semester 7 whose accounting study program has been accredited A and Unggul; taking or has taken courses in introduction to accounting, intermediate financial accounting, advanced financial accounting, auditing, and accounting theory. The sample of this study was 113 active students of the Accounting Study Program at UPY, UTY, UMY, UMBY, UAJY, UII, UST, UGM, UNY, UPNVY, and STIE YKPN Yogyakarta. Data analysis techniques using multiple linear regression models. This study shows that emotional intelligence affects the level of understanding of accounting, while learning behavior and interest learning do not affect the level of understanding of accounting

Keywords

Emotional Intelligence, Learning Behavior, Interest In Learning, And The Level of Accounting Understanding

Article Details

How to Cite
Prastika, A., & Widodo, S. . (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DI YOGYAKARTA: THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE, LEARNING BEHAVIOR, AND LEARNING INTEREST ON STUDENT ACCOUNTING UNDERSTANDING LEVEL IN YOGYAKARTA. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 4(2), 259–270. https://doi.org/10.31258/current.4.2.259-270

References

  1. Agustin, C., & Sujana, K. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan, spiritual, dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(2), 988–1014.
  2. Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183
  3. Elviadmi, M. N., Handayani, D., & Rissi, D. M. (2022). Analisis pengaruh penghargaan finansial , pertimbangan pasar kerja , lingkungan keluarga dan fleksibilitas kerja terhadap minat menjadi akuntan publik ( Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Padang ). 1(2), 150–164.
  4. Fanikmah, D. A. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–16.
  5. Febriyani, F., & Priantinah, D. (2017). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku Belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Profita, 1–24.
  6. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit-Undip.
  7. Gumanti, D., & Teza, S. D. (2021). Analisis tingkat minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dalam perkuliahan daring masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1638–1646. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.623
  8. Haryati, D., & Feranika, A. (2020). Pengaruh pengendalian diri, motivasi, perilaku dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada Mahasiswa IAI Nusantara Batanghari dan Universitas Dinamika Bangsa Jambi). Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4), 232–241. https://doi.org/10.35899/biej.v2i4.173
  9. Ikhsan, F. N., Rispantyo, R., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi kasus pada UNISRI, UNIBA dan UNSA). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 16(2), 154–162. https://doi.org/10.33061/jasti.v16i2.4424
  10. Mahyarni. (2013). Theory of reasoned action dan theory of planned behavior (Sebuah kajian Historis tentang perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/13%0Ask25
  11. Maruli, S. R., & Moniaga, F. O. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa Universitas Advent Indonesia (Unai). Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 05(1), 51–64.
  12. Maryam, S. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 143–151.
  13. Melasari, R. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasaran emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645
  14. Menhard. (2021). Pengaruh latar belakang pendidikan menengah mahasiswa, gaya mengajar dosen, dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi. Ambitek, 1(1), 45–58.
  15. Menne, F., Setiawan, A., & Nasriati, A. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman Akuntansi pada Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 5(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
  16. Nugroho, I. P., & Monica, C. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritualkecerdasan sosial, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 81–90. https://doi.org/10.33592/pelita.vol19.iss2.121
  17. Nuryatni, L. A., Diana, N., & Afifudin. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Akuntansi, 10(02), 47–57.
  18. Oemar, F., & Okto Fani, F. D. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v1i1.251
  19. Prayoga, A., Dongoran, P., & Widayati, N. (2022). Pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang). (2022)., 28(1), 36–43.
  20. Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh kecerdasan eemosional,perilaku belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.
  21. Rusmiyati, E., & Aufa, M. (2022). Pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan sistem pembelajaran online terhadap pemahaman akuntansi. Journal of Culture Accounting and Auditing, 1, 39–50.
  22. Sulistiyawan, A., & Rahmawati, D. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kajian Jurnal Pendidikan Akuntansi Indoensia, 1–21.
  23. Susanti, S., Rispantyo, & Djoko, K. (2017). Pengaruh minat belajar, perilaku belajar, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13(1), 127–134. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/1620/1425
  24. Unicef. (2020). https://www.unicef.org/indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-survei-terbaru-menunjukkan-bagaimana-siswa-belajar-dari-rumah
  25. Wulandari, S. A., & Dewi, K. (2021). Minat, perilaku belajar mahasiswa dan tingkat pemahaman akuntansi pengantar berdasarkan latar belakang pendidikan. E-Jurnal Akuntansi Udayana, 31(1), 92–105.
  26. Yuniantari, L. G. E. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi pada mahasiswa Akuntansi Universitas Hindu Indonesia). Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 318–337.
  27. Zuhria, & Wahyudi, A. (2021). Determinasi tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada mahasiswa program studi akuntansi Universitas Teknologi Sumbawa). 71–80.